Perlu waktu untuk berbisnis toko obat

Tidak terasa sudah 2 bulan saya dan teman-teman membuka usaha toko obat. Usaha toko obat yang kami lakukan ini memang merupakan usaha bersama yang kalau dipikir-pikir terlalu cepat juga…sehingga jujur saja sekarang membuat kami cukup pusing. Ternyata kebutuhan masyarakat akan obat yang murah atau obat generik cukup tinggi. Hal ini tentu menjadi dilematis kami dalam berbisnis, prioritas mana yang kami kedepankan, keutungan atau pelayanan yang optimal. Selain itu, pelayanan akan informasi obat juga ternyata cukup tinggi, sehingga dalam memasarkan obat kami juga harus mengetahui mengenai informasi obat sehingga terkadang konsultasi obat sering terjadi di toko kami.

Kelelahan juga menghinggapi kami sehingga terkadang waktu yang 24 jam tidak cukup bagi kami dalam mengurus toko obat tersebut. Terkadang terpikir juga untuk membuka toko obat online yang mungkin tidak akan memakan banyak waktu dan energi kami, akan tetapi ada banyak hal yang membuat berbisnis toko obat berbeda dengan membuka toko obat online.

Yang pasti, ternyata memang dalam berbisnis perlu waktu…

25 Responses to Perlu waktu untuk berbisnis toko obat

  1. holisoh mengatakan:

    Mungkin ini adalah tantangan dalam usaha toko obat, mau tanya apakah sebelumnya sudah punya pengalaman dibidang obat/farmasi. Sebenarnya terkait obat farmasi, setahu saya adik saya yang sekolah di SAA memang ada buku panduaan obat. Dan mereka dalam meracik obat biasanya mengacu pada buku tsb. Misalnya, jenis obat apa yang tepat untuk suatu penyakit, keluhan.
    Dalam memulai bisnis toko obat, bagi dong pengalamannya.

    Ok, terima kasih.

    holisoh

  2. adang mengatakan:

    kalo pengalaman ada soalnya istri saya sendiri adalah apoteker jadi bisa belajar dari dia soal obat-obatan dan bisnis seputar farmasi.

  3. heri mengatakan:

    Assalammu’alaikum Wr.wb. saya heri, salam kenal pak, Jika Istri bapak Apoteker sebaiknya buka Apotik Rakyat saja lebih leluasa bisa menerima resep dan menjual obat daftar G, Insya Alloh saya akan buka toko obat juga karena keterbatasan modal (belum bisa gaji Apoteker nih), bisa minta informasi bagaimana dan syarat mengurus Toko Obat Berizin. semoga Alloh membalas dengan balasan yang lebih baik. dan tetap SAVE OUR PALESTINE

  4. rosy mengatakan:

    saya baru mu mulai nih, kira2 modal buat stok awal to brp yah pak?? skrg lg ngurusin perizinan nya nih..

  5. wandra mengatakan:

    saya berencana untuk membuka usaha toko obat… bisa nggak saya meminta petunjuk dan dimana saya bisa berlengganan obatnya.. saya berdomisili di pekanbaru

  6. roni sulaiman mengatakan:

    memang menbuka suatu usaha apapun termasuk Toko Obat,Awalnya butuh pengorbanan baik dari Segi Waktu,Tenaga dan Modal.Intinya berikan pelayanan yang terbaik buat customer sehingga tercipta Trust dengan Customer dan perbanyak berdo’a kepada Allah Swt

  7. joel mengatakan:

    salam

    saya berencana membuat toko obat, namun tahap saat ini saya mau tahu dulu anggaran minim yang di perluakan untuk membuka toko obat tersebut dan surat2 apa saja yang perlu di siapkan.
    untuk obat2an ada gak yang bisa kasih kredit dulu untuk isi toko, setidaknya ini bisa mengurangi modal awal.

    terimakasih

  8. ayu mengatakan:

    ada ijin ga untuk mendirikan toko oba dan dimana saya harus beli obat2 tsb

  9. adang mengatakan:

    Untuk perijinan silahkan ke dinkes setempat, untuk beli obat bisa ke grosir toko obat terdekat

  10. putri fatimah mengatakan:

    saya insya Alloh berencana untuk buka toko obat, kira2 modal awal nya berapa ya untuk mendirikan toko obat? mohon bantuannya, terimakasih…

  11. adang mengatakan:

    Untuk modal tergantung berapa anda mau menyediakan stok obat untuk awal toko obat anda :)

  12. adang mengatakan:

    Besarnya biaya relatif tergantung jumlah sedian obat yang akan anda sediakan pada awal toko obat

  13. Mx mengatakan:

    Kira2 dengan modal
    30 jt, dah cukup blom untuk buka toko obat ?

  14. yusman mengatakan:

    saya juga baru satu tahun ini berbisnis toko obat…memang ada saja untung nya tetapi karna modal kami berasal dari pinjaman / utang jadi keuntungan itu habis untuk bayar cicilan utang. semoga pengalaman ini bisa bermanfaat buat rekan2 yg berminat untuk bisnis ini.

  15. adang mengatakan:

    Tetap semangat mas semoga sukses dalam bisnisnya

  16. Ahmad Nashori mengatakan:

    mz saya bermaksut membuka toko obat, tapi saya masih binung dimn saya harus membeli obat2annya
    mohon info nya
    trimz

  17. adang mengatakan:

    Untuk membeli obat bisa anda cari informasinya di wilayah anda masing-masing

  18. dyago mengatakan:

    Salam Kenal Mas…..

    Mas, saya sangat tertarik dengan artikel mas mengenai toko obat ini… kedepan saya punya rencana untuk membuka toko obat di dekat rumah saya. kalo boleh saya minta informasi contact person PBF atau Distributor tempat mas ngambil obatnya untuk di wilayah jabodetabek. Kalo mas gak keberatan bisa di email ke saya…. argo_me@yahoo.co.id THX mas… Sukses buat toko obatnya…..

  19. yenny mengatakan:

    mas, saya ada rencana untuk buka toko obat dalam waktu dekat ini mohon petunjuknya mas…………………
    apa2 aja yg harus dipersiapkan??????????????

  20. laura mengatakan:

    apakah bisa tamatan sma buka tokoh obat?

  21. supariyono sp mengatakan:

    salam kenal pak adang, sy dari tuban berencana juga buka apotik tp susah cari apotekernya gimana ya ,mensiasatinya apa apoteker bisa merangkap di beberapa apotik

  22. mariajose mengatakan:

    mas adang please berbagi kiat dan kira 2 modal awal soalnya saya cuma punya duit 20 jtan

  23. adang mengatakan:

    ehm kayaknya kurang kalo cuma 20 juta kecuali anda tidak perlu sewa tempat

  24. Indra mengatakan:

    oooooiiii dang…. lo call gw doonk…. nih gw py obat murah.. yg penting dalam berbisnis itu mencari harga termurah dari harga pasaran. Gw ini tempatnya. call gw ya

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

