Memilih dokter kandungan yang tepat

Sebenarnya masalah kehamilan dan seputarnya sudah tidak saya alami lagi, maklum anak sudah dua dan kami saya dan istri sedang tidak dalam rencana menambah anak (kecuali Allah berkehendak lain).

Masalah “memilih dokter kandungan” ini muncul setelah teman dekat saya menceritakan masalahnya dengan istrinya saat memeriksakan kandungan anak mereka yang pertama. Sebagai pengantin baru mereka memang baru pertama kali merasakan masa-masa kehamilan anak. Seperti biasa, walau dana terbatas pilihan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan adalah pilihan yang pertama karena ingin yang terbaik.

Tapi ternyata kekecewaan yang mereka dapatkan, kenapa begitu ?

saat pemeriksaan karena begitu banyaknya pasien mereka tidak mendapatkan pelayanan yang mereka inginkan. Kayak model fast-food, pemeriksaan langsung USG dan cuman pegang perut tidak lebih dari beberapa detik langsung kasih obat dan “pasien berikutnya…..” tanpa ada konsultasi apa-apa. Padahal biaya yang mereka keluarkan untuk membayar sampai ratusan ribu…

Sudah pasti kecewa banget teman saya itu, sampai dia berniat “Kagak bakal gue periksa lagi di sini…mahal doang pelayanan NOL !!!”

Saya jadi berfikir, apa yang harus kita lakukan untuk memilih dokter kandungan yang tepat ? ternyata asumsi mahal itu bagus tidak juga 100 % benar.

Saya jadi teringat pada pengalaman saya saat pertama kali mengalami hal seperti teman saya saat istri hamil, hal yang pertama kali saya lakukan adalah bertanya kepada orang yang sudah pernah dan berpengalaman mengalami masalah yang serupa. Orang yang pertama sekali saya Tanya adalah orang tua, yang pasti punya pengalaman segudang lebih banyak dari saya, setelah itu baru teman-teman untuk cari rekomendasi dokter mana yang bagus dan pelayanannya juga baik plus kalo bisa juga murah.

Selain itu jika ada pendapat dokter kandungan yang agak mengkhawatirkan, saya selalu cari second opinion dari dokter kandungan yang lain dan bahkan bidan (biasanya pengalaman para bidan cukup membantu kita juga lho).

Terus jangan ragu untuk banyak tanya saat pemeriksaan, soalnya kita sudah bayar mahal jadi harus sebanding banget sama hasil yang kita dapatkan.

Yah…semoga teman saya bisa menemukan dokter kandungan sesuai keinginannya…

Tinggalkan Balasan

