Bersyukur dan yakin ini adalah yang terbaik dari Allah

Terkadang saya merasa tidak puas dengan keadaan saya saat ini. Maklum, kondisi sekarang adalah saya sedang ditugaskan di tempat baru yang harus kembali menyesuaikan dengan budaya dan oraganisasi yang baru pula. Apalagi sebenarnya saya kalau boleh memilih tidak mau ditempatkan di tempat saya sekarang. Tetapi karena sudah tugas dan perintah maka saya harus menerima dan siap untuk ditugaskan di mana saja kayak tentara aja yah.

Angan-angan terlintas pada pikiran saya, andaikan saja….

Andaikan saya tidak berada di tempat saya bertugas sekarang, andaikan saya saat cepat lulus Starata satu sehingga saya tidak kehilangan kesempatan mengikuti penempatan di tempat yang cukup prospektif, andaikan…

Tetapi saya berusaha menghilangkan pikiran tersebut. Angan-angan adalah bisikan dari syetan yang berusaha mengganggu kita. Semua sudah diatur oleh Allah. Walaupun saya berusaha sekuat tenaga kalau bukan kehendak Allah semua tidak akan terjadi. Peristiwa besar dan kecil yang terjadi sampai seperti daun yang jatuh ke tanah merupakan takdir dan kehendak Allah yang sudah Allah tetapkan sebelumnya.

Manusia memang selalu mengeluh dan mengeluh, tidak akan pernah merasa cukup dengan apa yang ada.Apa yang sudah dimiliki tidak pernah di sadari, apa yang tidak di miliki selalu difikirkan sehingga terkadang membuat kita menjadi stres.

Bersyukur adalah solusi yang harus dilakukan. Memang saya sudah tahu tetapi ternyata dalam aplikasi dan prakteknya sulit banget. Rasa kecewa atau tidak puas terhadap apa yang dihadapi terkadang menyulitkan diri untuk bersyukur. Akan sangat mudah untuk bersyukur jika yang terjadi adalah hal-hal yang baik, seperti kenaikan pangkat, penempatan di tempat yang diinginkan,mendapat uang lebih atau hal-hal yang baik lainnya. Tetapi jika yang terjadi seperti mendapat omelan dari pimpinan, ban bocor saat berangkat ke kantor atau mendapat penempatan pada tempat yang tidak diinginkan maka untuk bersyukur merupakan hal yang terberat untuk dilakukan.

Tetapi sebagai muslim kita harus meyakini dengan iman bahwa apa yang terjadi pada diri kita adalah merupakan yang terbaik dari Allah, karena sebenarnya apa yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah.

Setelah itu bersyukur, karena jika kita bersyukur maka Allah akan menambah nikmat tetapi jika tidak Adzab-Nya yang akan datang.

Semoga saya bisa lebih bersyukur…

4 Responses to Bersyukur dan yakin ini adalah yang terbaik dari Allah

  1. bujanglahat mengatakan:

    Benar mas… Ada hikmah dibalik semua itu, Allah SWT pasti akan memberikan rahmat yang lebih baik kepada orang-orang yang bersyukur atas apa yang diberikannya kepada kita..

  2. eshape mengatakan:

    Bener mas, ngomong atau menasehati orang itu gampang, yang sulit adalah ketika kita sendiri yang harus melakukannya.

    Sedang banyak masalah, sedang sakit parah kok disuruh bersyukur, ya pasti jadi sulit banget untuk bersyukur.

    Iso Ujar Gak Iso nglakoni alias NATO [no action talk only], begitulah kadang-kadang yang ada di sekitar kita, begitulah yang dilakukan oleh Kiai Dzarkhoniy.

    Aku nulis disini:
    http://eshape.wordpress.com/2008/07/21/kiai-dzarkhoni/

    Salam

  3. mbahmul mengatakan:

    wah..tempat baru sebenernya suasanya baru dong..semangat baru..wajah baru, temen baru. yang penting semangat aja. gityu bos😀
    btw salam kenal

  4. eka mengatakan:

    Alhamdulillah saya sedang mencoba…

Tinggalkan Balasan

