Koneksi internet indosat 3G Broadband dengan Sony Ericsson G 502

Sudah lama saya mencari layanan “langganan internet murah” yang dapat saya gunakan di rumah baik untuk saya dan istri saya. Pada awalnya saya tanya banyak teman yang telah menggunakan layanan internet di rumah. Ada yang pake speedy, Fastnet dan ada juga yang telkomnet instan.

Baru tak lama saya dapat info bahwa indosat menyediakan layanan langganan internet murah yang cuman 100 ribu rupiah perbulan plus PPN dan unlimited. Karena ini sesuai dengan isi kantong saya hehehehe maka saya langsung coba layanan indosat 3G Broadband.

Prosesnya juga ternyata mudah, cukup datang ke galeri indosat isi formulir dan di kasih paket yang isinya nomor matrix yang nantinya digunakan untuk koneksi internet. Sayangnya harus membeli modem untuk menggunakannya. Bisa pake modem yang PCMCIA yang ini murah cuman Rp. 400.000 atau USB GSM modem yang harganya sekitar Rp. 1.100.000. Atau bisa juga menggunakan HP yang sudah memiliki fasilitas 3G.

Setelah saya pikir-pikir, akhirnya saya memutuskan menggunakan HP sebagai koneksi internet. Pilihan saya jatuh kepada Sony Ericsson G 502 yang sudah ada 3.5 G dan yang pasti pas dengan kantong saya. Diantara HP yang sudah ada 3G-nya HP ini menurut saya paling cocok harganya dan juga ada kamera 2 mega pixel untuk istri saya.

Untuk koneksi internet dan menggunakannya di HP Sony Ericsson G 502 langkah yang perlu dilakukan adalah :

  1. Pada menu pilih Menu-> settings->connectivity->internet settings->connect using->option->create new->ps data.
  2. Kemudian isi name (misalkan indosat)
  3. isi apn dengan indosat3g (jangan sampai salah yah).
  4. Pilih save.
  5. pilih kembali connectivity yg baru di buat (dalam hal ini indosat).
  6. Pilih option -> edit.
  7. isi username dan  password dengan indosat

Setelah semua sudah dilakukan baru bisa koneksi internet pada HP Sony Ericsson G 502 dan setelah saya coba hasilnya cukup baik sesuai dengan kebutuhan saya.

Untuk koneksi internet menggunakan Sony Ericsson G502 via PC atau Laptop cukup membuat sibuk. Kenapa ? soalnya dalam paket pembelian tidak ada kabel data dan juga software bawaan. Sehingga saya harus mencari sendiri dengan bantuan mbah google. Masalahnya adalah ternyata tidak mudah, karena saya pertama kali coba download PC Suite via sonyericsson.com/support, ternyata Sony Ericsson G502 tidak dikenal oleh windows XP dan harus cari lagi driver walah…

Setelah lama akhirnya dapet juga “Sony Ericsson PC Suite versi 3.209” yang setelah di install langsung mengenal Sony Ericsson G502 jika USB data sudah dimasukan ke PC atau Laptop saya.

Untuk konek internet juga sudah tidak perlu setting macam-macam, sudah ada menu internet connection, tinggal klik dan langsung browsing deh.

Mau coba juga ?

18 Responses to Koneksi internet indosat 3G Broadband dengan Sony Ericsson G 502

  1. bocahmiring mengatakan:

    pakek hape memang solusi yang masuk akal, tapi sebaiknya, jangan lama-lama, hape tidak setangguh modem, mas…

  2. AMIR MAHMUD mengatakan:

    hee…aku juga pake yang gituan buat internetan…

  3. Treante mengatakan:

    Jadi hape itu bagus ya? soalnya saya masih bingung antara G502 ato K660

  4. ipunkecil mengatakan:

    IYa aku juga ingin mencoba membelinya tapi keraguan ku lebih besar, masih bimbang dech dengan ketahanan hape sebagai pengganti modem.
    Mampu ato bisa engga ya nih hape menggantikan huawei e220?

  5. Yon Daryono mengatakan:

    mas bisa nggak kirimi saya drivernya via japri. Saya butuh banget

  6. adang mengatakan:

    bisa aja mas, tapi japri itu apaan yah maklum masih newbie nih…kalo via email aja gimana ? kayaknya bisa deh

  7. bagas mengatakan:

    mas, saya bingung. saya mengalami kesulitan membuat koneksi internet matrix broadband dengan SE G502 saya. Bisa dijelaskan langkah-langkahnya dari awal, Mas? Selama tiga hari bisa dipakai, tapi koneksinya suka putus. Eh, mulai kemarin sore kok susah sekali membuat hubungan dengan internet. Sekalinya bisa, baru sepuluhan menit, putus lagi. Tolong dijelaskan langkah-langkah mengatur set-up di komputer dan di ponselnya…

    Terimakasih banyak loh…

  8. dabud mengatakan:

    idhem sama mas Yon, tolong dong kirimi drivenya ke aku via alamat diatas. karena aku tertarik banget nich sama G502
    maturnuwun sebelumnya

  9. Indra mengatakan:

    Mas kirimi aku drivernya juga dong ke email kenzimail@gmail.com
    Matur nuwun ya.

  10. adang mengatakan:

    Untuk link download sdh saya kasih mas, silahkan di unduh saja di dari link tersebut yah…:)

  11. gusty mengatakan:

    Wah, patut dicoba nih. Kebetulan saya mau beli modem, tapi setalh saya baca ini jadi pengen nyoba pake handphone […], sory ga saya sebutkan nama mereknya cos iklan… hehehe… makasih deh artikelnya…

  12. Wira mengatakan:

    Pagi Mas, wuah, sangat menarik nih, dan alhasil, beli juga deh hp + indosat 3g nya, and mohon batuannya mas untuk share driver nya yah ke wiramr@yahoo.com, karena kemarin coba2 tpi ga sukses. thanks sebelumnya mas.

  13. delta mengatakan:

    Mas adang,, saya mau juga doong dikirimi drivernya…
    ke lagi2_delta@yahoo.com
    terima kasih mas,,
    salam sukses selalu

  14. Rizky mengatakan:

    Pagi mas,🙂
    Sy pny g502 ni, tp sy bgng krna ga da kabel datany…
    Tp untg pny blutut.
Mslhy, sy kok ssh bgt y koneksi lwt b.tut. Mhn bntuan sttng lwt b.tut dg…
Klo pake usb kabel, koneksi lncr ga mas?
Trus knp koneksi sy kok lemot bgt y mas, pdhl sy dah cek ga da mslh sm koneksi, ni sy cb di hp n pc, sm2 lemot. (Sy pake 3.5g matriX)
Sbnry g502 tu bnr2 cpt ga si koneksiny?
Sry ni t’lu bnyk tny he…he…:)

  15. adang mengatakan:

    Kalo pake blutut saya blm pernah coba…saya pake indosat 3G broadband dan pake kabel data dari sony g502. selama ini sih belum ada masalah mas…tapi memang kadang lemot soalnya mungkin sdh banyak pelanggannya…kalo ada kabar ttg blutut saya coba kabari or diposting di blog

  16. Fitri M mengatakan:

    trims uda berkunjung ke duniapsikologi. Btw tentang postingan 3G indosat, saya ralat, bukan 3G melainkan Indosat Gprs. saya belum sempat edit artikelnya. menurut anda apakah mungkin ada yang salah dengan settingannya? bagaimana dengan dns indosat sendiri? trims🙂

  17. colaycozby mengatakan:

    Mas klo settingan MMS di SE G502 pakai m3 broadband gimana mas?

  18. ferry eie mengatakan:

    acch, enggak juga. ajhir tahun lalu katanya INDObangSAT3g lemotBAND, sedang ganti satelit,,, nyatanya saat ini di awal tahun yang baik, ternyata INDObangSAT semakin tidak baik.

    (081410352335)
    modem Hwawei HSDPA

Tinggalkan Balasan

