Peringatan hari ibu penghargaan terbesar Islam kepada wanita

Pada hari ini Senin tanggal 22 Desember 2008 kita “memperingati hari ibu”, sebuah penghargaan kepada seorang ibu yang telah mendidik, membina dan bertanggungjawab kepada keluarga, suami dan anak-anaknya.

Sebuah tugas mulia menjadi seorang IBU yang saat ini mulai tergeser oleh adanya masukan-masukan dari budaya barat yang menyebabkan fungsi seorang ibu menjadi berkurang.

Padahal penghargaan kepada seorang ibu telah disuarakan dan dilakukan pada 1400 tahun yang lalu oleh seorang manusia mulia yaitu Nabi Muhammad SAW.

Sejarah mencatat bahwa wanita diperlakukan sangat buruk pada masa lalu. Di Eropa, seorang wanita diperlakukan seperti barang yang bisa diperjualbelikan, bisa ditukar dan hanya sebagai pemuas nafsu semata. Tidak ada sedikitpun penghargaan kepada wanita saat ini.

Demikian juga di Jazirah Arab, yang bahkan jika seorang ayah mendapat anak perempuan akan merasa malu sampai rela mengubur hidup-hidup saat anak perempuannya masih bayi.

Nabi Muhammad SAW datang untuk menghapus budaya tersebut, anak perempuan setelah Islam mulai didakwahkan mendapatkan tempat yang mulia, bahkan dikatakan jika seorang merawat dua orang anak perempuan dengan baik hingga menikah akan mendapatkan surganya Allah SWT.

Jadi Islam telah memuliakan cikal bakal seorang ibu yaitu anak perempuan. Bahkan bentuk pengabdian kepada seorang ibu disebutkan 3 kali lebih banyak dari pada pengabdian kepada seorang ayah.

Di dalam Al Qur’an juga disebutkan mengenai kisah kemuliaan seorang ibu dalam merawat anaknya yang menjadikannya dimuliakan Allah dan manusia hingga saat ini. Siti Hajar Berlari-lari dari bukit Safa dan Marwa karena kasih sayang seorang ibu kepada anak yang mencari air sehingga peristiwa tersebut dijadikan dalam salah satu rukun Haji. Ibunda Nabi Musa As rela menaruh anaknya di sungai Nil agar tidak dibunuh oleh Fir’aun dan mengikutinya hingga yakin anaknya selamat.

Subhanallah, perjuangan seorang ibu memang sangat besar dan membuat kita harus lebih berbakti kepada ibu kita. Sudahkan kita berbakti kepada Ibu ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: