Kesalahan umum dalam memilih Tema dan topik untuk menulis blog

Sebagai blogger newbie, saya pertama kali bingung dalam menentukan “tema dan topik dalam menulis untuk blog” . Maklum, karena saya pada dasarnya adalah orang yang kurang bagus dalam menulis, makanya perlu latihan yang banyak . Mbah google menjadi alat yang berguna buat saya dalam mencari bahan tema dan topik untuk blogger pemula.

Selain itu juga saya mendapat masukan mengenai beberapa kesalahan umum yang dilakukan blogger dalam memilih tema dan topik dari pak joko susilo. Hal ini penting agar kita tidak salah menentukan tema dan topik untuk blog kita nantinya.

Beberapa kesalahan dalam memilih tema dan topik dalam menulis blog menurut pak joko susilo antara lain adalah :

  1. Latah, walah mungkin saya juga termasuk yang satu ini. Kadang kita suka latah, ikut-ikutan dalam menulis blog, atau mungkin sekedar ikut trend. Kadang juga saya latah kepengen nulis tema blog kayak blogger lain yang nulis internet marketing, google adsense, affliate marketing…padahal ilmunya belum punya jadi malu saya.
  2. Topik anda suka tapi tidak diminati banyak orang, hehehe lagi-lagi saya melakukan kesalahan juga, waktu pertama kali saya belajar blogging, saya menulis tentang hobi berkunjung ke museum ini beneran lho dan emang kagak ada pengunjung selain saya sendiri yang buka blognya. Yah…pelajaran buat saya bahwa benar juga kalo buat tema blog minimal kita suka juga harus diperhatikan apakah orang lain juga minat terhadap tema tersebut.
  3. Topiknya tidak anda pahami, Kalo yang ini alhamdulillah belum sampai melakukan, soalnya saya juga tahu diri takut di bilang asbun (asal bunyi) dan asnul apaan tuh ? asal nulis…
  4. Topik tidak fokus, ini penting agar pengunjung blog kita mengetahui sebenarnya blog yang kita buat tentang apa sehingga mereka akan kembali berkunjung ke blog kita jika tema yang mereka cari memang sesuai.

Ada banyak kesalahan umum yang lain tetapi kalau menurut saya ke-empat hal tadi sudah cukup mewakili agar saya pribadi tidak salah dalam menentukan tema dan topik untuk blog saya.

8 Responses to Kesalahan umum dalam memilih Tema dan topik untuk menulis blog

  1. cheluz mengatakan:

    Wah pelajaran bgus nih buat newbie seperti aku

  2. Cengeng-ngesan T_^ mengatakan:

    yah, saya juga sulit mencari tema blog bahkan blogku tak bertema.

    tapi alhamdulillah tetep banyak kunjungan yang datang dari search engine.

    kalo pake wp mah enak. tema tinggal dijadiin 1 category.

    jadi jika ingin lihat artikel all about kesehatan di blog yang complicated. tinggal klik category tentang kesehatan maka yang muncul ya, artikel tentang kesehatan aja. gak ada artikel tentang blog.

    namun, sayangnya, saya pake blogspot😛

  3. Panda mengatakan:

    postingan yang luarrr biasa🙂

  4. bujanglahat mengatakan:

    WaH.. Postingan yang bagus mas… sama saya juga masih belajar masih newbie

  5. cheluz mengatakan:

    mohon bantuannya

  6. Fitri mengatakan:

    Sy mpe skrg pny blog yg hny dkunjungi 2 orang tiap bulan🙂 tp ttp aj sy mengupdatenya, krn isinya prjalanan hidup saya. Blog utk umum sy buat di duniapsikologi

  7. Fitri mengatakan:

    Komen lg, sy trmasuk kriteria nomer 2. Pny blog tp g dminati org, hehehe. Brsan sy bwt blog yg rncanax sy pasangi adsense.. Topikx tetep psychology.

  8. fandy mengatakan:

    yap, . . bner banget tuh yg ditulis. . .
    q jga newbie, tp q skrg masa bodo dulu sm apa yg q tulis, cz biar trbiasa dulu ngrangkai kata2. . . hehe. . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: