Sulitnya mengajar berhitung anak

“12 + 10 berapa sahal ?” tanya saya ketika mengajar anak. Sahla, anakku yang tahun ini akan masuk SD mengangkat kedua tangannya dan mulai berfikir. “Abi…boleh pakai kaki tidak ?” tanya sahla anakku sambil membuka kaus kakinya. “Lho…buat apa pakai kaki ?” tanya saya heran. “Soalnya tangan sahla cuma ada 10 jari…mau sahla tambah pakai jari kaki biar bisa jadi 12.” Jawabnya polos. Saya jadi tersenyum…

Saya jadi berfikir…kapan yah saya mulai bisa berhitung tanpa menggunakan jari atau yang lain…entah kenapa saya tidak ingat kapan. Sehingga saya juga jadi lupa metode apa yang harus saya ajarkan kepada anak saya agar bisa berhitung cepat. Terkadang kita sebagai orang tua memaksakan kepada anak kita agar bisa melakukan apa yang diberikan oleh sekolahnya, seperti pelajaran berhitung yang mungkin menurut anak seusia anak kita merupakan hal yang sangat sulit.

Saya sendiri merasa sangat sulit, sehingga saya berusaha agar bisa mengkondisikan diri saya agar bisa memberikan metode yang tepat buat anak saya. Agar bisa tepat, istri saya berkonsultasi dengan guru TK anak saya supaya bisa sinergi antara metode yang saya ajarkan dengan metode di sekolahnya. Walau begitu saya pribadi merasa metode yang diajarkan oleh guru TK anak saya masih kurang pas, sehingga saya masih mencari-cari….ada yang bisa bantu ?

5 Responses to Sulitnya mengajar berhitung anak

  1. ni nengah supleg handayani mengatakan:

    Bagaimana kalau begini : 12 simpan di kantong,terus ambil 10 benda lain,langsung deh hitung…13,,14,,dst sampai 22.

  2. muntiani rohmah mengatakan:

    anak saya sebrenarnya punya metode sendiri dengan berangan -angan contoh 9 tambah 5 tanpa mengunakan tangan bisa ,tetapi ketika guru disekolahnya mengunakan metode 9 disimpan di mulut 5 dilanjutkan ia malah sering salah ,maka saya mencoba mensinkronkan metode di sekolahnya dengan menambahkan menempelkan jari satu-persatu dia mulai tertarik

  3. bunda iis mengatakan:

    kami pernah mengajarkan anak kami berhitung, dan itu sudah kami tulis di blog kami.. sebenarnya banyak ko di luar sana tehnik – tehni berhitung yang baik.. tapi teta kembali pada kita sendiri

  4. al spaulding mengatakan:

    Plus he or she could possibly be demanded so that you can verify his really worth not
    really simply by way of his musical prowess however
    in addition because of training.

  5. Dress Form mengatakan:

    I like the helpful information you provide in your articles.

    I will bookmark your weblog and check again here frequently.

    I am quite sure I’ll learn a lot of new stuff right here! Good luck for the next!

Tinggalkan Balasan

