Bagaimana menguatkan hati jika sedang merasa gagal ?

Apakah anda pernah merasa gagal ? jika anda sedang menunggu hasil atau pengumuman tertentu dan mengharapkan nama anda yang di sebut tapi ternyata tidak ? pernahkah anda mengharapkan posisi tertentu namun ternyata posisi itu di ambil oleh orang lain ?

Biasanya jika hal itu terjadi diri kita merasa sangat GAGAL dan seakan dunia mau runtuh. Apa yang terjadi jika kita merasa gagal ?

Gejala awal yang biasanya terjadi adalah MALAS. Ya, seseorang  jika merasa gagal biasanya akan malas melalukan aktifitas sehari-hari. Rasa kegagalan ini jika tidak diatasi akan berakibat lama akan menganggu anda.

Lalu bagaimana cara untuk menguatkan hati jika anda merasa gagal ? berikut beberapa tips yang coba saya berikan untuk anda :

  1. Yakinlah bahwa kegagalan adalah suskes yang tertunda. Walaupun terkesan klise atau istilah yang mungkin sudah banyak orang yang menyebutkan, namun menurut saya hal tersebut adalah benar. Dengan kegagalan maka kita ada waktu untuk mengadakan evaluasi diri dan memperbaiki jika ada yang kurang dalam segala hal yang kita lakukan.
  2. Lihat ulang tujuan anda, cari jalan lain untuk mencapai tujuan anda jika jalan yang satu gagal. Sebagai contoh ada teman saya yang mencoba untuk melanjutkan S2 melalui beasiswa kantor. Setelah pengumuman ternyata namanya tidak termasuk dalam peserta yang mendapat beasiswa. Apakah dia sedih ? ya…pada awalnya, kemudian dia mencari jalan lain mendapatkan beasiswa S2 melalui kedutaan dan badan-badan serta instansi lain dan akhirnya dia BERHASIL.
  3. Berdoa kepada ALLAh SWT. Ini merupakan hal yang mutlak anda lakukan, tanpa berdoa yakinlah tidak akan terjadi, karena segala sesuatu sudah ada yang mengatur yaitu ALLAH.

Demikian beberapa tips yang yang dapat saya berikan, Apakah anda mempunyai tips lain yang lebih ampuh ?

10 Responses to Bagaimana menguatkan hati jika sedang merasa gagal ?

  1. Haedar Kusdinar mengatakan:

    Ass. Wr. Wb.
    Alhamdulillah… terimakasih.
    Hari-hari ini subhanalloh … terkuras rasanya tenaga pikiran…
    Pekerjaan yang menuntut kerja lembur… rasanya pengen segera punya perusahaan sendiri, agar bisa mengelola sendiri.
    Momen-momen indah … merenung, mentafakuri dengan jalan i’tikaf subhanalloh… hanya sisa waktu. kadang-kadang tidak khusyu.. bercampur dengan ngantuk.
    Ya..Alloh Bimbing hamba-MU yang lemah ini.
    Wass.

  2. Muhammad rizal mengatakan:

    ia nih,,,,aku g lolos di ujian snmptn 2010,,,kecewa kecewa kecewa…..

    doakan aku yach,,,supaya aku tetap semangat menjalini hidup….

    amin ya Allah

  3. Rzq mengatakan:

    ya sipp…intinnya kita hidup cma skali aj..so jgn nyrah cm rntangan yang mnghdang..ingadh sobb!! Allah tlah mntukan tkdir hdup kta dan rjeki yng g trduga sbgai blsanya..aminnnn!! so jgn nyrah ya sob…okkkkeeeeh

  4. moslem20 mengatakan:

    Sama juga,, kalo kau lagi males malesan banget,, berat banget mau bangkit,, masih belum bisa menerima keadaannya,,

  5. orang yg slalu gagal mengatakan:

    saya ingin brbagi cerita dan curhat tentang nasib kehidupan saya.saya adalah salah satu orang yg tiap hari,tiap saat,dan kapan pun slalu mengalami kegagalan,baik dalam kerjaan,karir,keungan,keluarga.rezeki dan jodoh.smua itu prnh saya alami smua bhkan smpai skrng ni pun msh berlanjut,saya sadar mngkn ni smua cobaan,hukuman,karma atau balasan dari smua perbuatan saya slama ini.hati saya bener2 hancur dan saya merasa dah ga sangggup lg utuk mghadapi smua cobaan ini.saya bingumg ga tau apa yg harus saya lakukan lg untuk bs bertahan hidup di dunia yg keras ini.

  6. heeroo mengatakan:

    cool!!!

  7. sayasasta mengatakan:

    aku kecewa banget ketika semua orang berharap aku bisa namun nyatanya aku gagal…

  8. Teguh mengatakan:

    Wahai jiwa jiwa yg sedang dilanda kegagalan, mari bersama menatap masadepan yg cerah. Dengan keikhlasan menghadapi apa rencana Tuhan

  9. kiaaa mengatakan:

    semua yang ada di dunia adalah cobaan dan ujian supaya kita tau dan mengerti apa artinya hidup..tetap semangat dan jangan menyerah…

  10. yuuii mengatakan:

    Niat Tekat …Rencana..TAK ADA GUNANYA bila TAK ADA TINDAKAN!!!

Tinggalkan Balasan

