Tips untuk monetize website atau blog

Kalau ada yang tidak berpikir untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari website atau blog atau mendapatkan dollar dari website atau blog mungkin saat ini akan dibilang aneh. Memang ada yang murni membuat website atau blog tanpa memikirkan datangnya income dari apa yang mereka buat dan tulis pada blog atau website mereka.

Tetapi hampir banyak pengelola website atau blog yang membuat website atau blog mereka agar bisa memberikan penghasilan tambahan buat mereka, bahkan ada yang menjadikan hal tersebut sebagai penghasilan utama dengan menjadi fulltime blogger.

Salah seorang yang mencoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari website atau blog adalah saya. Setelah sekitar 2 tahun website saya berjalan di dinternet, saya mulai mencoba untuk membuat website konsultasi obat saya agar bisa menghasilkan pendapatan tambahan, istilah kerennya monetize.

Tentu saja untuk mulai monetize sebuah  website tidaklah mudah, hal tersebut yang saya rasakan. Mulai dari cari-cari data tentang monetize, belajar affilliate sampai adsense, saya akhirnya mendapatkan beberapa hal yang cocok untuk me-monetize website saya yang memang bertemakan tentang obat-obatan.

1. Fasilitas pasang iklan

Untuk mencoba monetize website, saya mencoba memasang pelayanan pemasangan iklan pada website saya dengan memasang di beberapa tempat yang strategis. Menurut saya untuk yang satu ini cukup prospektif karena langsung mendatangkan income buat saya🙂.

2. Pemasangan PPC lokal

Pada awalnya saya  memasang google adsense, dan mencapai sekitar $30, tetapi karena google menutup kesempatan para adsense indonesia (maksudnya untuk website atau blog yang berbahasa indonesia), saya memutar setir menggunakan http://www.adsensecamp.com dan hasilnya cukup lumayah, kira-kira Rp.50.000 sampai Rp.100.000 perbulan untuk beli bakso keluarga.

3. Paid for reviews

Bagaimana jika website anda berbahasa indonesia ? memang bisa ikutan paid for reviews ? jangan khawatir, anda masih bisa ikut kok. Saya sendiri bisa dan mendapatkan pemasukan tambahan dari paid for reviews sekitar Rp.300.000 sampai Rp.500.000 setiap 2 bulan (soalnya pembayaran penulisan selalu di bayar bulan berikutnya).

4. Ikutan affilliate program

Entah untuk yang lain tetapi sampai saat ini saya belum pernah mendapatkan pemasukan dari affilliate program. Mungkin karena affilliate yang saya ikuti dari luar negeri dan website saya targetnya dalam negeri sehingga belum ada yang minat sampai sekarang.

Untuk saat ini saya baru melakukan 4 hal tersebut untuk me-monetize website saya. Bagaimana dengan anda ?

5 Responses to Tips untuk monetize website atau blog

  1. Yudistira mengatakan:

    Makasih banyak atas input monetize nya…

  2. Hana mengatakan:

    Thanks ilmunya.

  3. brightshield mengatakan:

    thx ilmunya nih

  4. sasai blog mengatakan:

    mantap sob bisa di coba

  5. Rina As mengatakan:

    Ternyata banyak cara memonetize blog kita.. jadi bingung mau pilih mana yang paling tepat bagi blog saya
    Trims ya atas ulasannya..

Tinggalkan Balasan

