Meningkatkan omset penjualan dengan marketing online

Pernah denger lagu saykoji yang ada liriknya “online…online” ? sudah pasti sekarang hampir semua orang sudah mendengar lagu itu. Jika dicermati, apa yang dikatakan oleh saykoji dalam lagunya mungkin benar, saat ini orang mulai dari yang muda sampai yang tua, pelajar sampai dosen menggunakan internet, sehingga mungkin kehidupan tanpa online sehari saja akan terasa sepi dan membosankan.

Dalam kacamata saya, berarti pengguna internet di indonesia sudah meningkat dan merupakan pangsa pasar yang besar. Selama ini saya menjual produk seperti tas laptop dengan harga murah dengan cara konvensional yaitu menawarkan langsung ke pembeli. Sehingga dalam seminggu mungkin saya hanya bisa menawarkan ke 1 – 3 orang karena keterbatasan waktu dan juga keterbatasan informasi, karena tidak banyak orang yang tahu saya menjual tas laptop.

Melihat banyaknya pengguna internet saya mulai berfikir untuk “meningkatkan omset penjualan dengan marketing online menggunakan internet“.

Kenapa harus internet ? anda bisa bayangkan sekarang pengguna internet banyak, sehingga kalo boleh dibilang mereka adalah calon pembeli yang potensial buat produk anda. Untuk itu saya mencoba melakukan strategi pemasaran sebagai berikut :

  1. Membuat web atau blog, dan dalam kasus saya , saya membuat blog dan yang saya gunakan GRATIS.
    Mengapa harus website atau blog ? kalau pertanyaan tersebut relatif, yang pasti anda harus memiliki website atau blog, karena jika tidak maka bagaimana anda bisa memasarkannya melalui internet ? karena website atau blog merupakan tempat anda memasarkan produk anda. Saya memilih blog karena katanya dengan menggunakan wordpress google akan lebih cepat mengindexnya dan memang terbukti lebih cepat sehingga saya memilih membuat blog. Selain itu format blog adalah harus meng-update rutin sehingga informasi terbaru selalu tampil yang menurut saya ini cara paling efektif dalam memasarkan sebuah produk.
  2. Meningkatkan traffic pengunjung.
    Langkah yang kedua ini merupakan tahapan yang paling membutuhkan waktu dan kesabaran. Silahkan anda pelajari dari para master SEO dan lainnya untuk bagaimana meningkatkan traffic pengunjung. Kalau saya malu soalnya belum masuk kategori master untuk memberi masukan.
  3. Menambah produk  yang dijual dengan menggunakan affiliate.
    Enaknya pemasaran menggunakan internet adalah anda bisa juga memasarkan produk lain selain produk anda dengan menggunakan affiliate. Hal yang perlu anda perhatikan adalah cari affiliate merchant yang memiliki produk yang serupa dengan anda, sehingga tema blog anda tetap terjaga dan kemungkinan terjadinya pembelian lebih besar.

One Response to Meningkatkan omset penjualan dengan marketing online

  1. KlikSite.com mengatakan:

    Makasih infonya, perlu dicoba tuh

Tinggalkan Balasan

