Cara mengembalikan password admin joomla

Suatu kejadian yang lucu untuk seorang web admin, yaitu lupa akan password untuk web site yang dikelola. Hal tersebut terjadi pada diri saya. Padahal website dan blog yang saya miliki belum banyak, tetapi dasarnya pelupa saya lupa akan password admin dari salah satu website saya yang menggunakan joomla.

Seribu satu password yang sering dan sudah saya pakai saya coba tetapi ternyata SALAH SEMUA ! kebetulan website saya ini termasuk salah satu website yang sering saya ganti passwordnya karena sering jadi korban hacking para hacker yang nakal…akibatnya jadi saya sendiri malah yang lupa.

Terpaksa saya harus mengganti password admin joomla saya, tetapi bagaimana caranya ? hehehe terpaksa minta tolong sama mbah google dan akhirnya ketemu juga caranya. Mau tahu ?

Sebenarnya password yang ada di admin joomla pada umumnya sudah tersandi dengan menggunakan MD5, dan ada cara yang mudah untuk menggantinya.
1. Pertama-tama anda bisa masuk ke cpanel dari website anda kemudian masuk ke phpmyadmin dan pilih database yang anda gunakan untuk website anda.
2. Pilih tabel jos_users dan pilih menu browse
3. Sebelumnya buat dahulu password baru yang anda inginkan dengan menggunakan MD5. Silahkan gunakan mbah google dan ketik ” MD5 online “ untuk membuat password baru anda menjadi MD5.
4. Cari record yang memiliki name = “administrator” dan ganti isi record “password” dengan MD5 password baru anda dan kemudian simpan.
5. Jika cara no : 4 (pada umumnya ada yang berhasil ada yang tidak) maka gunakan cara lain yaitu dengan cara membuat file sql untuk update data password anda. Buat file sql dengan isi (ganti isi id, isi name dan seterunya pada VALUES dengan isi database anda) :

INSERT INTO jos_users (id, name, username, email, password, usertype, block, sendEmail, gid, registerDate, lastvisitDate, activation, params) VALUES (‘isi id’, ‘isi name’, ‘isi username’, ‘isi email’, ‘isi password’, ‘Super Administrator’, 0, 1, 25, ‘2007-12-13 14:23:21’, ‘2009-10-13 13:33:47’, ”, ‘editor=\nexpired=\nexpired_time=’);
Kemudian save dengan nama apa saja tetapi esktensinya .sql.
klik tab ” Import “, klik browse untuk mencari file sql yang anda buat dan klik go.

Demikian cara untuk mengembalikan password admin joomla anda yang hilang atau terlupa. Apa anda ada cara lain ?

2 Responses to Cara mengembalikan password admin joomla

  1. A. Sulaiman mengatakan:

    Terima kaish artikelnya. Gimana cara mereset username dan password cpanel ?

  2. tommy mengatakan:

    Caranya lumayan ribet juga,,,
    pada saat kita mengisi email itu ga bisa meresetnya ya ?
    coba ada pilihan forgot pasword

Tinggalkan Balasan

