Link building strategi untuk pemula

Apakah target anda dalam membuat blog? apakah hanya untuk mencurahkan isi hati anda? atau seperti saya menjadikan blog sebagai pemasukan uang lebih melalui internet? Setiap orang mempunyai alasannya masing-masing. Jika anda hanya ingin menjadikan sebagai diary online, maka anda tidak perlu pusing apakah blog anda akan dibaca orang atau tidak. Akan tetapi jika menjadikann blog sebagai salah satu pemasukan uang melalui internet, maka banyaknya orang yang membaca blog yang anda buat menjadi hal yang sangat penting.

Banyak cara yang dapat dilakukan agar blog anda mendapat kunjungan pembaca, salah satunya adalah dengan link building. Apa yang dimaksud dengan link building? link building adalah kegiatan untuk mendapatkan link dari blog atau website lain.

Link memang tidak akan langsung membuat blog anda mendapat banyak pengunjung, akan tetapi bisa meningkatkan kualitas blog anda di search engine seperti Google, sehingga anda mendapat posisi yang baik di SERP untukk setiap kata kunci yang berhubungan dengan blog yang anda buat.

Artikel mengenai link building untuk pemula sebenarnya sudah saya buat dalam versi bahasa inggris pada blog saya yang berjudul link building strategy for beginner. Akan tetapi saya akan kembali berbagi tips tersebut dan menulisnya dalam bahasa indonesia. Strategi yang saya sampaikan memang bukan hal yang baru, malah mungkin anda sudah pernah membacanya di tempat lain. Akan tetapi strategi ini berasal dari pengalaman saya pribadi dan terbukti berhasil selama ini selama saya menulis dan memasarkan blog saya.

Adapun link building untuk pemula adalah sebagai berikut :

1. Mendaftarkan blog ke website direktori

Hal yang pertama saya lakukan jika membuat blog setelah mengisinya dengan konten yang berkualitas adalah mendaftarkannya ke dalam website direktori. Di Internet ada banyak website direktori, baik yang gratis maupun yang berbayar. Jika anda memiliki dana yang cukup, anda dapat mencoba yahoo directory. Akan tetapi jika anda seperti saya maka dapat menggunakan yang gratisan dengan menggunakan software directory submitter.

2. Meminta link dari blog yang sejenis

Selain mendaftar ke website direktori, saya juga biasanya browsing di google dengan kata kunci yang sesuai dengan tema blog saya dan mengumpulkan blog-blog yang juga mengangkat tema yang hampir sama. Misal, untuk blog saya mengenai dofollow blog saya mencari blog-blog yang juga mengangkat tema dofollow blog atau seputar link blog. Kemudian saya mengirimkan email meminta agar link blog saya dicantumkan pada blog mereka dengan terlebih dahulu menaruh link blog mereka di blog saya. Strategi ini memang agak sulit dan memakan waktu, akan tetapi jika berhasil maka anda akan mendapatkan backlink yang berkualitas.

3. Menaruh link di social bookmarking

Cara ini baru mulai tahun 2009 saya lakukan karena saya juga baru mengetahui bahwa dengan menaruh link blog di social bookmarking bisa juga meningkatkan kualitas backlink blog. Jumlah social bookmarking sangat banyak dan biasanya saya menggunakan jasa di http://www.socialmarker.com (Gratis kok).

4. Membuat artikel dan menaruhnya di artikel direktori

Cara yang terakhir ini memang agak sulit dan memakan waktu yang cukup lama. Karena anda harus membuat artikel dalam bahasa inggris dimana dalam artikel tersebut anda menaruh link blog anda dan juga penulisannya harus benar, jika ada yang kurang sesuai maka akan ada peringatann untuk memperbaikinya dahulu sebelum bisa di submit ke artikel direktori. Jujur saja, cara yang terakhir ini memang tidak sering saya lakukan karena selain keterbatasan waktu juga kemampuan bahasa inggris saya masih perlu pelatihan yang banyak.

Demikian strategi link building untuk pemula berdasarkan pengalaman saya, apakah anda punya strategi yang lain?

2 Responses to Link building strategi untuk pemula

  1. -t a u f i x- mengatakan:

    Nanya donk..

    Yg socialmarker itu klo url udah disubmit, url yg sama bisa disubmit lg nggak?

  2. adang mengatakan:

    kalau url-nya sama biasanya ditolak oleh sistemnya mas

Tinggalkan Balasan

