Keputusan merubah cms joomle ke worpdress

Sejak tahun 2007 saat saya mulai mengenal blogging pada mulanya bingung untuk memilih cms apa yang tepat untuk website informasi obat yang akan saya buat bersama istri saya. Pilihan terbaik saat itu adalah menggunakan joomla karena mudah untuk dipelajari dan dibuat.

Seiring dengan berjalannya waktu mulai terjadi kendala teknis yang saya hadapi karena kurangnya pengetahuan saya pribadi. Hal yang paling menggangu adalah sulitnya untuk upgrade versi terbaru joomla dari versi yang lama sehingga saya menunda melakukan perubahan. Akibat yang sering terjadi adalah website saya sudah 3 kali di kerjai oleh hacker mulai di deface, username dan password diganti sampai dengan database saya dihapus (ini yang menurut saya paling kejam).

Mengalami kejadian tersebut membuat saya memutuskan untuk mengganti cms joomla website saya dengan wordpress. Apakah yang saya lakukan sudah tepat?

Tepat tidaknya keputusan saya mengganti cms memang belum saya ketahui. Akan tetapi yang menjadi keuntungannya adalah saya sudah sangat familiar dengan cms wordpress sehingga mudah untuk saya untuk melakukan update, melakukan modifikasi dan meningkatkan SEO.

Kerugiannya? ini yang menjadi alasan saya menunda mengganti cms sejak dahulu, yaitu akan ada kemungkinan pengunjung website akan berkurang dan pagerank juga bisa turun karena seluruh link yang sudah terindex oleh google juga hilang.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengganti cms, kerja keras harus kembali saya lakukan agar website kembali ke posisi sebelumnya…tapi itulah tantangan yang sangat menarik untuk saya.

Tinggalkan Balasan

